Minggu, 05 Maret 2017

Manfaat Jengkol Untuk Kesehatan

Manfaat Jengkol Untuk Kesehatan

Manfaat Jengkol Untuk Kesehatan - Apakah kita mengenal buah yg satu ini??? Yaa..jengkol atau Archidendron pauciplorum tentu buah yg satu tersebut begitu pamiliar ditelinga kita. Buah yg mempunyai aroma khas tersebut tak jarang dijadikan lalapan bahkan sayur pavorit untuk masyarakat indonesia. Nahh ..bagi kita penggemarjengkol perlu tau mengenai khasiat & bahaya mengonsumsi jengkol. karena itu mari anda lihat ulasan berikut :


Bahaya Mengonsumsi Jengkol Telalu Banyak
·        

  • Jengkol memiliki kandungan asam jengkolat atau jengkolic acid, ini satu-satunya nama ilmiah yg pakai bahasa Indonesia. Asam jengkolat bersipat sama dengan uric acid (asam urat), yg dalam konsentrasi kaya bisa mengakibatkan kristal-kristal dalam urine.
  • Asam jengkolat (jengkolic acid) ialah sejenis asam amino yg terdapat dalam biji jengkol. Endapan asam jengkolat membentuk kristal berujung runcing yg dapat melukai pembuluh darah di ginjal & saluran kencing.
  • Inilah untuk itu mengapa orang yg kerap konsumsi jengkol bakal jarang buang air kecil. jika dibiarkan terus-menerus dapat mengakibatkan terbentuknya batu ginjal.
    Kencingnya tak dapat keluar sebab mengalami retensi urine, atau kerap pun disebut kejengkolan.
  • Untuk mengobatinya, asam jengkolat dapat larut dengan memakai bikarbonat yg bersipat basa.
    Jadi kalau habis konsumsi jengkol konsumsi air putih yg banyak atau konsumsi soda supaya tak terjadi retensi urine,


Tanda - Tanda Jengkolan
 
Orang yg kejengkolan atau keracunan jengkol dapat mengalami tanda berikut :

  • Merasakan sakit perut
  • Mual-muntah
  • Susah buang air kecil atau disebut pun 'anyang-anyangan'.
  • Pada tingkatan yg lebih parah, volume air kencing yg dikeluarkan berkurang & kadang-kadang dibarengi bercak darah. 

Tapi buah tersebut pun banyak khasiatnya jika dikonsumsi tak berlebihan tentu khasiatnya bakal banyak anda perolerh seperti :

Khasiat  Jengkol untuk Kesehatan  
  1. Protein
    Protein yg terdapat dalam makanan berbau khas tersebut ternyata cukup kaya yakni 23,3g dari 100g bahan. Nilai protein nabati tersebut lebih kaya dari makanan lain seperti kedelai & kacang hijau. Protein bakal mengganti sel-sel yg telah usang di tubuh kita, membentuk jaringan baru, berperan dalam system hormon, membentuk kecerdasan, & lain-lain. Banyak sekali khasiat yg dapat anda bisa dari makan makanan kaya protein. Jadi, jengkol perlu diperhitungkan.
  2. Jat besi
    Jat besi tentu sungguh diperlukan oleh tubuh anda dalam pembentukan hemoglobin yg memiliki fungsi mengangkut oksigen & karbondioksida. Oleh karena itu, mineral tersebut sungguh penting dalam pernapasan sel tubuh. Bila kita kekurangan jat besi, maka pengangkut oksigen bakal berkurang sehingga tubuh jadi lemas, lesu, pucat, & lemah. Coba bayangkan bila kita tak bernapas selama 10 minute, pasti bakal lemas & sedikit megap-megap. Seperti itu pun gambaran pernapasan sel anda yg kekurangan oksigen. Jengkol memiliki kandungan 4,7g jat besi per 100g bahan. Jadi, konsumsi jengkol dapat membuat hidup kita lebih bergairah.
  3. Kalsium
    Kadar kalsium dalam jengkol ialah 140mg/100g bahan. Kalsium bakal merawat tulang kita dari pengeroposan. Makanan tersebut pun baik dikonsumsi ibu hamil & menyusui yg memerlukan kalsium dalam jumlah besar.
  4. Pospor
    Pungsi pospor hampir sama dengan kalsium yakni merawat kesehatan tulang & gigi. Jumlah pospor dalam jengkol sekitar 166,7mg/ 100g bahan. Mari anda cegah gigi berlubang & pengeroposan tulang dengan makan jengkol.
  5. Vitamin
    Vitaman yg dapat ditemukan dalam makanan berwarna kecoklatan tersebut antara lain Vit. A, B1, B2, & C. Kandungan Vit. A di jengkol sekitar 658mg/100g bahan. Vit. A bakal membantu merawat kesehatan mata. Vit. B2 bakal membantu penyerapan protein, sedangkan Vit. B1merawat kepekaan syarap. Jengkol memiliki kandungan 80mg Vit. C tiap 100 gramnya. Vit. C ialah antioksidan yg bakal melawan radikal bebas dalam tubuh sekaligus penangkal virus & bactery. Selain itu Vit. C pun berperan dalam penyerapan jat besi. Jadi mengkonsumsi jengkol dapat mengoptimalkan kadar hemoglodin darah sebab memiliki kandungan jat besi sekaligus Vit. C.

SoO ..Sesudah mengetahui beberapa khasiat jengkol, maka penggemar makanan tersebut dapat sedikit tersenyum. Jengkol memang makanan kontradiktip yg bernilai giji kaya sekaligus mengganggu lingkungan dengan baunya. Bau tak sedap di jengkol tersebut berasal dari sulpur yg terdapat dalam asam amino. Saat dikunyah, jengkol bakal jadi komponen kecil yg menyebarkan bau tak sedap.

Karenanya konsumsilah secukupnya..kann sesuatu yg dikonsumsi dengan cara berlebih itu tak baik.

Manfaat Jengkol Untuk Kesehatan Manfaat Jengkol Untuk Kesehatan Manfaat Jengkol Untuk Kesehatan Manfaat Jengkol Untuk Kesehatan Manfaat Jengkol Untuk Kesehatan Manfaat Jengkol Untuk Kesehatan Manfaat Jengkol Untuk Kesehatan Manfaat Jengkol Untuk Kesehatan 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar